Awam

MISIONARIS AWAM XAVERIAN

Di negara-negara di mana para Xaverian berkarya, banyak kelompok Katolik dengan berbagai cara dan melalui berbagai kegiatan, berbagi dengan para Xaverian dalam karisma yang dianugerahkan Allah kepada  Gereja melalui Guido Maria Conforti.

Bertolak dari panggilan missioner bersama, yang diterimamelaluisakramenBaptisdandimatangkansebagaidimensipentingiman, para awammerasadapatmengambilbagiandengancaramerekasendiri di dalamkarisma, spiritualitasdankehidupan para Xaverian. Kesadaraninitertanam di dalampanggilanpribadimasing-masing orang. Panggilaniniterwujud di dalamkondisikehidupan para awam, yang menyajikansedemikianbanyakkesempatanuntukberperan di dalammasyarakat (kegiatan professional, tanggungjawab social), dalamGerejadandalamkeluarga. Makahunganmanusiawidankehadiranmelaluitindakan, merupakansaranaprioritasuntukpewartaandankesaksianterpercaya.

Beberapadarikelompok-kelompokitubahkandibangunberdasarkankomitmen, pelatihan-pelatihan, doadankegiatan-kegiatan yang mendukungkaryakeluargaXaverian, khusunyamenggiatkankarya missioner kepadakelompokanakmuda, komunitasGerejawidan di sekolah-sekolah. Beberapadarimerekabahkanberangkatdanberkaryasebagaimisionaris di luarnegaramerekasendiriselamaperiodetertentu.

Dalamkebersamaandengan para Xaverian, para awamitumemberikansumbangankhasmerekapadaperwujudan ide tunggalkarya missioner. MerekaditopangolehkeinginanuntukmewartakanInjil, membawakepadaduniaaspirasikeadilandanpembebasandarikejahatan, sertamendukungsetiapcita-citauntukkehidupanbersama yang damai di antarabangsa-bangsadan dialog antaragama. Dalamkancahhidupsehari-hari, perhatiankhususpadaperutusanGereja di tengahbangsa-bangsadicurahkanmelaluipelayanankepadakaummiskin, kepadamereka yang tidakmemilikitempattinggaltetap, dankepada orang asing.