Doa Xaverian

Seorang misionaris xaverian adalah seorang pendoa, dimana dalam segala kegiatannya tetap memelihara kesatuan dengan Kristus dimana dia secara terus menerus memperoleh inspirasi.

Doa merupakan kegiatan utama seorang misionaris Xaverian sebab doa menjamin kesetiaan dan menunjang karya kerasulannya. Tuhan sering menarik diri ketempat yang sunyi untuk berdoa kepasa Bapa. TelandanNya mengajarkan kepada kita supaya menyediakan waktu untuk berdoa, refleksi, kontemplasi pribadi, bahkan bila perlu mengorbankan karya cinta kasih.

Doa bersama dalam komunitas

DOA UNTUK SAUDARA-SAUDARA SETAREKAT

Ya Yesus, asal dan pemenuhan iman kami, Engkau telah menghendaki supaya cinta kasih timbal balik menjadi ciri pengenal para pengikut-Mu. Ke dalam tangan-Mu kami serahkan saudara-saudara kami terkasih yang menanggung jerih payah di tempat-tempat yang jauh untuk meluaskan kerajaan-Mu. Dengan rahmat kasih-Mu yang kudus, suburkanlah karya kerasulan mereka. Lindungilah mereka dari segala bahaya, dan jadikanlah mereka semakin pantas untuk berkarya dan menanggung derita demi kemuliaan nama-Mu.

(Didoakan oleh saudara yang menyiapkan diri bagi karya kerasulan)

Dengan perantaraan rasul-Mu yang mulia untuk tanah India serta negeri-negeri Asia, anugerahilah kami, suatu saat nanti, bagian yang tak terpadan dalam jerih payah dan jasa mereka, agar kelak kami boleh mengambil bagian dalam kebahagiaan-Mu di surga. Amin.

(Didoakan oleh saudara yang berada di daerah misi)

Kami menyerahkan pula kepada-Mu saudara-saudara yang tengah menyiapkan diri untuk mengikuti teladan kebesaran hati para rasul-Mu. Perbanyaklah jumlah para binaan, kuatkanlah tekad mereka, dan murnikanlah niat mereka, sehingga suatu saat nanti mereka boleh mengambil bagian dalan jerih payah dan ganjaran yang sama. Amin.

 

MOHON PANGGILAN RASULI

Ya Yesus, Engkau telah wafat demi keselamatan umat manusia. Engkau pun telah mendirikan gereja untuk meneruskan karya penebusan-Mu di bumi. Kami mohon, perbanyaklah jumlah pewarta Injil-Mu.Kobarkanlah semangat mereka, sucikanlah jerih payah mereka, agar orang-orang yang belum menerima rahmat iman yang tak ternilai itu dapat segera mengenal dan mencintai-Mu dalam hidup ini, sehingga kelak dapat berbahagia bersama-Mu di surga. Amin.

 

MOHON ANUGERAH KETEKUNAN

Ya Allah, sumber kebaikan dan cinta kasih, Engkau telah menghendaki keselamatan semua manusia. Dengan sepenuh hati kami mohon,anugerahkanlah kepada kami rahmat ketekunan sampai akhir hayat kami. Buatlah agar kami dapat bertahan tehadap musuh-musuh jiwa kami, dan perkuatlah selalu dorongan lembut rahmat-Mu pada kami agar dapat mencapai taraf kesempurnaan yang Kau inginkan pada kami.

Ini kami mohon atas jasa sengsara dan wafat-Mu, demi cinta yang Kau tunjukkan pada kami dalam sakramen Ekaristi dan atas jasa Maria, Bunda kami terkasih yang kami mohon menjadi pengantara di hadapan takhta kerahiman-Mu. Amin.

 

BAGI PARA PENDERMA

Ya Tuhan, Engkau memberi makan kepada burung-burung di udara dan mendandani bunga bakung di padang dan dengan perantaraan Putra Tunggal-Mu yang ilahi. Engkau telah mengajar kami untuk mempercayakan diri kepada-Mu dengan penyerahan diri seorang kanak-kanak, serta menjanjikan bantuan-Mu kepada kami. Kepada-Mu kami serahkan seluruh kebutuhan serikat kami yang hina ini.

Dan sambil mengingat pemberian-pemberian yang telah kami terima dari sedemikian banyak penderma yang murah hati, yang telah Kau ilhami untuk menolong kami, kami mohon balaslah kebaikan yang telah mereka lakukan kepada kami dengan rahmat-Mu yang melimpah, sekarang ini dan dalam kehidupan abadi nanti.

Lanjutkanlah pula penyelenggaraan-Mu yang penuh kasih kepada kami, agar tanpa kekhawatiran akan kebutuhan jasmani, kami mampu mencurahkan perhatian untuk perluasan kerajaan-Mu di muka bumi ini dan kelak mendapat bagian dalam kerajaan surgawi. Amin.

 

MOHON PERTOBATAN ORANG-ORANG TAK BERIMAN

Ya Allah, pencipta dan Tuhan segala sesuatu, Engkau telah menciptakan manusia menurut dan rupa-Mu; Engkau pun telah menebusnya dengan darah Putra-Mu Yesus Kristus yang tak ternilai. Lihatlah akan banyaknya orang yang belum mengenal Engkau dan dengan perantaraan para kudus yang Kau panggil dari segala bangsa, dan dengan perantaraan gereja, mempelai Putra-Mu, jangan Kau biarkan lebih lama lagi mereka berada terasing dari Yesus Tuhan kami.

Engkau Allah yang Maharahim, lupakanlah segala penyembahan berhala dan kekafiran, dan buatlah agar setiap orang mengenal Dia yang Kau utus, yakni Yesus Kristus Putra-Mu dan Tuhan kami. Dialah keidupan, keselamatan dan kebangkitan kami. Oleh Dialah kami telah dibebaskan dan ditebus. Bagi-Nyalah kemuliaan sepanjang segala abad. Amin.

Ya Allah dengan pewartaan rasul-Mu Santo Fransiskus Xaverius, Engkau telah memanggil banyak bangsa Timur kepada terang Injil. Buatlah agar komunitas kristiani berkobar dengan semangat misioner serupa itu, supaya di seluruh muka bumi gereja yang kudus mennikmati kegembiraan dengan lahirnya putera-puteri baru. Demi Kristus, Tuhan kami. Amin.

 

BUNDA MARIA RATU PARA RASUL

Ya Maria, Bunda dan Ratu kami, mohonkanlah kepada Putra-Mu Tuhan yang empunya panenan, agar Ia berkenan mengirim pekerja-pekerja ke panenan-Nya, supaya segala bangsa memuji-Mu dan segala keturunan menyebut-Mu berbahagia. Ya Bunda ramhat ilahi, harapan seluruh bumi, kami mohon dengarkanlah doa kami.

Ya Allah, kepada para rasul-Mu yang tengah berkumpul di ruang perjamua bersama Maria Ibu Yesus, Engkau telah menganugerahkan Roh Kudus. Dengan perantaraan Santa Perawan Maria, anugerahkanlah pula kepada kami semangat untuk membaktikan diri sepenuhnya dalam pengabdia kepada-Mu serta mewartakan dengan kata-kata dan teladan, karya-karya agung cinta kasih-Mu. Dengan perantaraan Kristus Tuhan kami. Amin.

 

DOA KEPADA PARA RASUL

Ya para Rasul yang kudus, yang telah meninggalkan segala urusan dunia untuk mengikuti panggilan Tuhan Yesus Kristus, Tuhan segala manusia, kami mohon: mohonkanlah bagi kami rahmat agar kami pun selalu hidup dengan hati yang tidak lekat pada hal-hal duniawi, sehingga kami selalu siap untuk mengikuti setiap bisikan ilahi. Amin.

 

DOA DI HADAPAN SAKRAMEN MAHA KUDUS

 

SYUKUR KARENA EKARISTI

Allah Bapa yang Mahakuasa dan Maharahim, dengan segenap hati kami bersyukur kepada-Mu karena dalam belas kasih-Mu yang besar Engkau telah memberi kami Putra-Mu yang tunggal untuk menjadi perantara dan kurban bagi dosa-dosa kami, dan santapan bagi hidup yang kekal. Kami bersyukur juga karena Putra-Mu Yesus Kristus telah mengadakan perjamuan malam yang suci itu, agar kami boleh menerima keselamatan-Mu.

Di dalam Ekaristi kami boleh mengenang Tuhan kami dan mewartakan kematian-Nya. Maka dari itu kami mohon kepada-Mu ya Allah dan Bapa yang Mahasetia: berilah kiranya agar berkat karya Roh Kudus, makin hari makin diteguhkan iman kami dan makin eratlah persatuan kami dengan Kristus, Tuhan kami, yang bersama Dikau dan Roh Kudus , hidup dan berkuasa, kini dan sepanjang masa. Amin.

 

ANUGERAH ROTI KEHIDUPAN

Tuhan Yesus Kristus, yang ada di surga dan bersemayam di samping kanan Bapa dalam kedaulatan ilahi, Engkau hadir di tengah-tengah kami sebagai anugerah roti, dan akan tinggal senantiasa bersama kami hingga akhir zaman.

Kami menyembah Dikau di sini dan mohon kepada-Mu: sudilah menerangi kami, agar makin hari makin bertambahlah hormat dan terima kasih kami terhadap rahasia ini.

Ya Tuhan, Engkau telah bersabda kepada rasul-rasul-Mu: Aku menyertai kalian hingga dunia akhirat. Di dalam sakramen ini, Engkau sungguh-sungguh berdiam di antara kami dan Engkau pun mendengarkan setiap orang yang berbicara kepada-Mu. Di sini tegaklah singgasana rahmat-Mu dan Engkaulah sungguh-sungguh Emmanuel: Allah beserta kami.

Tinggallah bersama kami ya Tuhan, lindungilah umat kudus-Mu terhadap serangan musuh dan janganlah jemu-jemunya melimpahi kami anugerah-anugerah dari tempat kediaman-Mu ke tengah-tengah kami. Tinggallah bersama kami dan janganlah biarkan kami sendirian. Jadilah terang yang menyuluh jalan yang harus kami lalui.

Ya Tuhan, teladan hidup kami, Engkau memanggil kami di dalam sakramen untuk ambil bagian di dalam tubuh dan darah-Mu; kami mohon, berilah kiranya agar kami dipenuhi oleh roh-Mu dan senantiasa dibimbing oleh-Nya dalam segala tindak-tanduk hidup kami.

Kami mohon kepada-Mu dengan sungguh-sungguh: semoga kami senantiasa merindukan perjamuan ini, tempat Engkau memberikan diri-Mu sebagai makanan, guna melepas lapar kami untuk selamanya, serta menguatkan kami dalam perjalanan melintasi padang belantara hidup menuju puncak gunung-Mu yang suci.

Beril,ah kami kekuatan dan ketabahan hati, agar tidak lunturlah semangat kami dalam mengabdi Dikau; semoga setelah dikuatkan oleh roti ini kami dengan senang hati memikul beban-Mu yang manis. Dan buatlah kami layak, berkat perjamuan suci ini, diperkenankan masuk dalam kehidupan kekal.

Raja kemuliaan, di dalam sakramen ini Engkau mempersatukan kami dengan diri-Mu sendiri, supaya kami menjadi anggota-anggota tubuh-Mu yang mistik; terimalah kami semua kelak di dalam keluarga para kudus-Mu dan perkenankanlah kami mendapat bagian kemuliaan-Mu. Engkau yang hidup dan memerintah sepanjang masa. Amin.

 

DOA EKARISTI

Tuhan Yesus Kristus, Engkau telah bersabda: Aku ini Roti yang telah turun dari surga; berilah agar kami memahami cinta hati-Mu. Hantarlah kami ke dalam pengetahuan akan misteri tubuh dan darah-Mu.

Ajarlah kami mengerti betapa Engkau rindu untuk hidup di dalam diri kami dan mengasihi kami. Ajarlah kami mengerti isyarat-Mu yang menunjukkan kami tubuh-Mu sebagai hidup dalam jalan ke rumah Bapa. Ajarlah kami menghargai tubuh-Mu, roti hidup yang turun dari surga, lebih dari pada makanan yang diberi dunia kepada kami.

Jadikanlah Ekaristi pusat hidup kami, dan semoga perayaan rahasia-rahasia-Mu dapat kami hayati di dalam korban harian hidup kami.

Ya Tuhan, ajarlah kami mencintai semua orang yang Kau perkenankan menyantap tubuh-Mu dan mereka yang telah Kau sediakan tempatnya pada perjamuan di surga, tempat Engkau sendiri yang akan menjadi santapan abadi kami serta sukacita kekal. Amin.

 

KUNJUNGAN KEPADA SAKRAMEN MAHAKUDUS

Tuhan Yesus Kristus, karena kasihMu kepada umat manusia, Engkau berkenan hadir dalam Sakramen Mahakudus serta dengan penuh kerahiman dan cinta kasih, Engkau menantikan kedatangan semua orang, mengundang dan menerima barangsiapa yang datang berkunjung kepada-Mu. Kami percaya bahwa Sakramen Mahakudus adalah Tuhan Yesus Kristus sendiri.

Oleh karena itu, kami sekarang mempersembahkan kepada hati-Mu yang mahacinta, segala sembah sujud dan bermaksud mengunjukkan tiga macam persembahan: pertama, persembahan syukur atas kurnia-Mu yang mahaagung; kedua, persembahan pemulihan atas segala perbuatan kami yang tidak pantas terhadap Sakramen Mahakudus; dan ketiga, kunjungan sembah sujud ini kami persembahkan dengan mengingat bahwa di lain tempat Sakramen Mahakudus ini hanya mendapat penghormatan yang sedikit saja, bahkan kerap kali ditinggalkan orang.

Ya Tuhan Yesus, kami ingin membalas cinta-Mu dengan segenap hati kami.Mulai saat ini, semoga Engkau berkenan berbuat sekehendak ilahi-Mu terhadap seluruh diri kami. Hanya satu yang kami cari dan kami inginkan, ialah cinta kasih-Mu dan ketekunan sampai akhir, supaya kami dapat memenuhi kehendak-Mu sepenuh-penuhnya. Lagi pula, kami ingin memohonkan pengampunan bagi jiwa-jiwa di api penantian, terutama bagi jiwa-jiwa yang dulunya berbakti sekali pada Sakramen Mahakudus dan Santa Perawan Maria. Amin.

 

DOA PADA TRITUNGGAL MAHAKUDUS

Bapa yang abadi, kini kami berlutut di hadirat-Mu hendak menghormati Putra-Mu Yesus Kristus. Engkau telah mengangkat Dia menjadi raja kami di dunia dan di surga.          Bantulah kami untuk mentaati-Nya dan mengabdi-Nya dalam segala tindakan kami. Buatlah kami hidup dalam roh-Nya sehingga kami dapat memperoleh cinta-Mu.

Yesus, persatukanlah kami dengan Dikau dalam kehidupan yang seluruhnya diperuntukkan bagi kemuliaan Bapa dan kebahagiaan manusia.

Roh Kudus, cinta kasih Bapa dan Putra, penuhilah kiranya diri kami, agar kami pun dapat menciptakan persatuan kasih di antara kami. Dengan demikian terwujudlah cita-cita agar kami saling mengasihi seperti kami mengasihi Engkau.

Arahkanlah cinta kami kepada Bapa dan arahkanlah selalu tindakan kami agar selalu menjadi bukti cinta kami kepada-Mu. Engkau yang hidup dan berkuasa, kini dan sepanjang masa. Amin.

 

 

 

UJUD-UJUD SEMBAH SUJUD HARI KAMIS

Setiap hari Kamis, di semua Wisma Serikat Xaverian hendaknya diselenggarakan sembah bakti selama satu jam di hadapan Sakramen Mahakudus yang ditakhtakan di altar, dengan tujuan pokok:

  1. Untuk mendapatka dari Dia pekerja-pekerja baru di kebun anggur-Nya
  2. Agar dengan rahmat-Nya, Ia menyuburkan jerih payah orang-orang yang berkarya untuk menyebarluaskan Injil
  3. Agar Ia menganugerahkan rahmat ketekunan kepada kita semua
  4. Agar Ia berkenan memberkati serikat kita yang hina

(Kosntitusi 1931, pasal 223)

Semoga semua orang kristiani, membentuk bangsa yang satu dalam gereja-Mu, dan supaya semua orang mengenal Injil-Mu.