KOLUMBIA

KOLUMBIA

Pewartaan Injil di Kolumbia mulai pada abad ke-16. Dengan kemerdekaan Kolumbia (1819), mulailah masa yang berat bagi Gereja. Imam dan uskup diusir, gereja-gereja dirusak. Gencatan senjata baru mulai pada tahun 1878 berdasarkan konkordat dengan Taha Suci. Dengan pertemuan Konferensi Wali Gereja Uskup Amerika Latin yang pertama (1968 di Medellìn) mulailah masa pembaharuan Gereja yang bernuansa kenabian. Karakter ini mendesak para biarawan terjun membela hak-hak asasi manusia dan mencela ketidakadilan:kemiskinan, peredaran narkotika dan kekerasan.

Para Xaverian pertama tiba di Kolumbia pada tanggal 7 Februari 1975. Pada tahun ini, mereka menangani paroki Sagrado Corazòn di Buenaventura, kota pelabuhan yang menghadap ke Samudra Pasifik, kemudian sejak tahun 2001 mulai menangani paroki Encarnación. Sejak tahun1984, karya Xaverian melebar ke Cali, di paroki San Francisco Javier, di mana dibangun juga sebuah sekolah paroki. Pada tahun 1994 para Xaverian tiba di ibukota Bogotá. Di kota ini, mereka membuka sebuah rumah singgah, rumah studi dan pencarian bibit-bibit panggilan misioner.

Di kota besar kedua Kolombia, Medellìn, para Xaverian tiba pada tahun 1998. Di sana mereka membangun sebuah seminari Xaverian untuk pemuda-pemuda yang berniat membaktikan diri untuk karya misi, dengan berinspirasi pada spiritualitas St. Conforti.

Saat ini para Xaverian yang berkarya di Kolumbia berjumlah 14 orang. Mereka berasal dari Italia, Spanyol, Meksiko, dan Kamerun. Ada tiga bidang karya: penggiatan misioner serta panggilan, pendidikan dan pastoral paroki.