INDONESIA

INDONESIA

Walaupun bukan sebuah negara Islam, Indonesia adalah Negara yang memiliki populasi Muslim terbesar di dunia, di mana 86,1% penduduknya memeluk agama Islam.
Para Xaveriantibatahun 1951, ketikadelapanXaverian yang diusir dari Cina menerima penugasan untuk melayani Prefektur Padang di Sumatra Barat. Pada tahun 1953, para Xaverian mendarat di Kepulauan Mentawai yang jauhnyasekitar 100 km daripantaibarat Sumatra. Di sana belum ada misionaris Katolik yang menjejakkan kaki.
Selama 60 tahunkemudian, para Xaverian telah meluaskan karyanya dari keuskupan Padang keKeuskupanAgung Jakarta, KeuskupanAgung Medan, KeuskupanSibolgadanKeuskupanAgung Semarang.
Saatinisekitar 39 orang Xaverianberkarya di Indonesia. Mereka memberikan pelayanan parokial, pendidikan para calon imam, karyasosial di daerah-daerah pinggiran, dialog antar agama dan karya misioner-panggilan.
Pada tahun 1985, para Xaverian mulai membuka diri dengan menerima para calon misionaris dari Indonesia, karena selama ini mereka hanya terarah setama-mata pada pendidikan calon imam untuk Gereja setempat.
Banyak orang muda Indonesia tertarik oleh figur St. Fransiskus Xaverius danfigur para misionaris. Sampai tahun ini, ada 25 orang misionarisXaverian yang menjadi bagian dari keluarga St. Conforti, untuk mengemban tugas misioner ke Afrika, Amerika Latin, Asia danEropa.