Siapa Xaverian

Xaverian

adalah seorang MISIONARIS

yang diutus untuk mewartakan

KRISTUS

kepada orang yang belum mengenal-Nya.

 

Serikat Xaverian (SX) adalah sebuah kongregasi dalam Gereja Katolik Roma yang mengkhususkan diri bagi abdi misi. Anggotanya biasa dikenal dengan sebutan Xaverian, dan dibelakang nama tiap anggotanya selalu ditambahkan SX, sebagai identitasnya. Didirikan oleh Santo Guido Maria Conforti pada tahun 1895 di Parma, Italia. Serikat Xaverian memiliki nama asli : “Pia Societa di San Fransisco Saverio per le Missioni estere “ (Kongregasi Santo Fransiskus Xaverius bagi Karya Misi). Pada masa remaja, Conforti kagum akan figur Santo Fransiskus Xaverius dan sejak saat itu ia memiliki impian untuk menjadi seorang misionaris dan berkeinginan melanjutkan karya misi Santo Fransiskus Xaverius di Cina. Oleh karena itu kongregasi yang didirikannya menjadikan sosok misionaris agung itu sebagai nama dan pelindungnya.

Serikat Xaverian, sebagai anugerah Roh Kudus untuk kepentingan Gereja dan Kerajaan Allah, membaktikan diri secara penuh dan khusus dalam tugas mewartakan Kristus kepada orang-orang yang belum mengenal-Nya. Para anggota Xaverian mengikrarkan kaul yang khas sebaga ABDI MISI dan menyerahkan diri, kepada Bapa, yang membuat mereka turut serta dalam perutusan Kristus, Putera Bapa.

Untuk menghayati dan mewujudkan penyerahan diri bagi karya misi secara lebih radikal, para misionaris Xaverian mau mengikuti Kristus dengan kaul: kemurnian, kemiskinan dan ketaatan. Hidup merasul dan hidup religius secara bersama-sama bagi mereka merupakan suatu kharisma yang unik: satu dan lainnya tidak terpisahkan. Sudah tiba saatnya bagi Gereja Katolik Indonesia yang beranjak dewasa untuk ikut memperhatikan orang-orang yang belum mengenal Kristus, bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia.